Plin-Plan! Najwa Shihab Ditolak BPN Sebagai Moderator Debat Capres, Kini Tim Prabowo Bilang Begini

Foto Berita Plin-Plan! Kini Tim Prabowo Sebut Belum Tolak Najwa Shibab
Popnesia.com - Nama Najwa Shihab jadi salah satu yang dipertimbangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi moderator debat capres kedua.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, mengatakan pihaknya menginggatkan agar KPU tak menunjuk moderator yang terindikasi berpihak pada salah satu calon. Karena itu, nama Najwa Shihab ditolak oleh pihaknya.

"Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014," ujarnya di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Bagi Andre, KPU sebaiknya mencari nama lain selain Najwa Shihab. Ia menduga Najwa tidak netral. "Saran kami, lebih baik KPU menunjuk figur lain yang lebih netral agar jangan menjadi polemik nantinya. Masih banyak figur lain yang mampu menjadi moderator tapi berposisi netral. Itu harapan kami kepada KPU," katanya.

Diketahui, selain Najwa, nama Tommy Tjokro dipertimbangkan sebagai kandidat moderator debat capres kedua. Nama Najwa dan Tommy, disebut Ketua KPU Arief Budiman, diusulkan oleh pihak televisi.

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

"Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan... silakan tanya-jawab," terangnya.

Plin-Plan! Kini Tim Prabowo Sebut Belum Tolak Najwa Shibab

Foto Berita Najwa Shihab Ditolak Tim Prabowo Sebagai Moderator Debat Capres, Alasannya?
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meluruskan sikap mereka perihal nama Najwa Shihab yang muncul sebagai salah satu kandidat moderator debat capres kedua.

Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso, mengatakan pihaknya sama sekali belum menolak nama Najwa yang muncul karena diusulkan pihak televisi. Menurutnya, Najwa merupakan host yang cemerlang.

"Harus sedikit perlu diluruskan bahwa BPN Prabowo-Sandi belum dalam posisi menolak siapa pun moderator, termasuk Najwa Shihab karena Najwa memang termasuk salah satu host TV yang sangat moncer dan sampai hari ini, KPU belum secara resmi mengajukan nama-nama," ujarnya di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Priyo membenarkan, nama Najwa merupakan satu dari empat nama lain yang muncul sebagai kandidat moderator debat capres kedua. Namun, ia kembali menegaskan BPN sampai detik ini sama sekali tidak menolak Najwa.


"Memang betul ada nama di antaranya Najwa Shihab, ada nama Tommy Tjokro, ada nama Latief Siregar dari MNC dan ada nama Retno Pinasti dari SCTV. Tapi nama-nama itu dan yang lainnya belum secara resmi kita bahas karena nanti akan dibahas dan ditentukan pada rapat berikutnya, kalau nggak Kamis, Jumat," terangnya.

Penolakan terhadap Najwa sebelumnya disampaikan oleh jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade. Namun menurut Priyo, itu sifatnya merupakan usulan semata.

"Jadi kalau ada pendapat yang dari Pak Andre yang mengatakan ini, ini mungkin masih dalam batas usulan-usulan personal yang belum menjadi sikap resmi dari BPN Prabowo-Sandi dan semuanya akan berproses pada saatnya," jelasnya.


"Jadi saya ingin beri tahu posisi kami BPN Prabowo-Sandi belum dalam posisi menolak siapa pun, termasuk Najwa Shihab yang akhir-akhir ini menjadi salah satu host TV yang moncer dan bersinar," tegasnya. Wartaekonomi.com

Subscribe to receive free email updates: