Inikah Persekongkolan Dibalik Pembakaran Hutan di Sejumlah Wilayah Indonesia?



Healmagz.comKepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki menyatakan Presiden Joko Widodo mempertanyakan mengapa kebakaran hutan seperti dibiarkan terus berlangsung. Jokowi berpendapat hal itu merupakan bentuk praktik manajemen pemerintah yang tidak benar.

Saat menyambangi lokasi kebakaran hutan Minggu (6/9), Jokowi juga mendapat informasi bahwa motif pembakaran hutan bisa bermacam-macam. "Yang harus diproses itu kalau memang ada upaya dari pemilik lahan untuk mengurangi biaya land clearing (pembersihan lahan) dan pengolahan kebun dengan cara dibakar. Padahal mereka dari bank sudah dapat anggaran per hektare Rp19 juta," kata Teten.


Teten menyatakan, Presiden akan segera menghentikan para pemilik lahan yang sengaja membakar lahan untuk mengurangi biaya. Jokowi bahkan mencurigai ada persekongkolan karena terdapat indikasi bahwa lahan yang terbakar dibiarkan begitu lama dan aparat pemerintah daerah tidak bergerak.

"Ini yang kami cari penyelesaian, terutama menyangkut tindakan administratif dan hukum terhadap para pelaku pembakaran. Kalau yang Presiden lihat, misalnya mungkin yang melakukan pembakaran itu rakyat biasa, tapi Presiden ingin melihat siapa yang melakukan atau menyuruh rakyat biasa ini, karena jelas memang ada keuntungan dari pembakaran ini kalau dilihat dari biaya pengolahan lahan," ujar Teten.

Terkait isu ada oknum berpangkat jenderal yang melindungi perusahaan-perusahaan yang sengaja membakar lahannya untuk mengurangi biaya pembersihan lahan, Teten mengaku tidak tahu. Namun jika memang ada, harus diproses secara hukum.

"Jadi Presiden menegaskan sekali lagi, perlu ada tindakan tegas pada pelaku pembakaran hutan. Kalau itu indikasi (pelakunya) pemilik lahan untuk perkebunan, kalau perlu izin usahanya dicabut selain dipidanakan. Saya kira ini tidak main-main," ujar Teten di Jakarta.

Menurut Teten, Presiden menghendaki sistem pencegahan yang membuat para pemilik lahan terikat tanggung jawab dengan lahan yang dikuasainya sehingga jika terjadi kebakaran.

Sejauh ini Presiden memerintahkan mengerahkan seluruh tenaga dan sumber daya untuk memadamkan kebakaran hutan, misalnya dengan alat pemadam modern. Ia juga meminta institusi terkait untuk mengantisipasi gangguan pernapasan pada masyarakat.


IWAN FALS SEBUT ADA "BENTO" DIBALIK PEMBAKARAN HUTAN

Penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals tetap eksis meski tak lagi muda. Iwan Fals menyihir ribuan penggemarnya OI di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (24/10/2015) malam.

Iwan Fals menyihir dengan lagu-lagunya yang sangat dihapal penggemarnya. Diantaranya, Ibu, Bento, Bongkar, Guru Oemar Bakrie, Bunga Trotoar, Hio, Menanti Seorang Kekasih, dan lain-lain. Saat menyanyikan lagu-lagu cinta suasana begitu romantis. Ribuan OI duduk sambil menyalakan lampu HP dan bernyanyi bersama.

Terkait bencana asap yang terjadi di Sumatra, Kalimantan bahkan sampai Papua, Iwan berceloteh tentang siapa pembakar hutan. Ia meminta agar menjaga pohon-pohon di daerah-daerah yang masih bebas asap.

"Saya baru tahu yang memutuskan pembakaran hutan, Bento juga,"kata Iwan disambut riuh ribuan OI.

Bento sendiri merupakan lagu Iwan Fals yang sangat populer pada era 80-an akhir. Bento, tokoh rekaan pada lagu dengan judul yang sama dari album Swami (1989) ini mengisahkan seorang yang tampan, berkuasa dan seorang yang kaya raya. Namun Bento ternyata licik, dia memanfaatkan kekuasaannya untuk menumpuk kekayaan, menipu dan menerima upeti. 

Dalam kesehariannya, Bento menutupi keburukannya dengan selalu bicara soal moral dan keadilan. Hukum seakan mati, karena memang hukum buatan manusia sesungguhnya tak lebih dari sebuah alat politik yang dijadikan alat pembenar dan sekaligus menajdi alat pemusnah lawan-lawan politik.

Iwan juga menyanyikan lagu tentang catatan-catatan bencana asap yang terjadi. Lagu itu adalah kegelisahan yang dituliskanya dalam buku harian. Soal pendidikan, Iwan pun berharap agar pemerintah memberikan anggaran sebesar 50 persen. Ini agar masyarakat Indonesia menjadi semakin pintar. Beritateratas.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Inikah Persekongkolan Dibalik Pembakaran Hutan di Sejumlah Wilayah Indonesia? "

  1. Bolavita(titik)co ! Setiap Hari ada bonus menarik dari kami.

    Minimal Depo 50rb sudah bisa bermain game judi online

    FREE PENDAFTARAN !!! www.bolavita(titik)pro

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    BalasHapus
  2. Agen terbaik dan terpupuler di sini Bos ku..!!
    janga pilih yang lain lagi Bos ku.
    Agen Betting dengan service yang terbaik.
    Mari Bagi yang Hobby Dengan Permainan Game Online, Dapatkan Bonus-bonus yang dibagikan Oleh Pokervita.
    Bonus Cash Back 0.5% Yang dibagikan Setiap Minggunya

    Contact Us Person :
    ? LIVECHAT P`O`K`E`R`V`1`T`A .com
    ? BBM : D88B0154
    ? Wechat: pokervitaofficial
    ? Line: PokerVita
    TERIMA KASIH

    BalasHapus