Kebohongan Klarifikasi Kepsek SDN 85 Ciumbuleuit Bandung Yang Tutup Foto Presiden dan Wapres, Dibongkar Akun Satyowati di Medsos


Popnesia.com - Sebuah unggahan foto dari akun Satyowati Pancasiwi di media sosial Facebook mendadak ramai diperbincangkan.‎ Dalam foto tersebut menampilkan dinding suatu ruangan di mana terdapat bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun bingkai itu ditutupi kertas putih, sehingga tidak terlihat baik Presiden maupun Wakil Presiden.

Dalam keterangan foto unggahannya, Satyowati kem‎udian menyebutkan bahwa foto yang menampakan dinding ruangan kelas itu berada di SDN 85 Ciumbuleuit, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

"Di SDN 085 Ciumbuleuit Bandung ini entah mengapa foto Presiden dan Wakil Presiden ditutupi dengan kertas, seperti yang tampak di foto. Di sekolah yang pendanaannya ditanggung oleh negara, guru-gurunya juga digaji oleh negara, diajarkan untuk tidak menghormati Kepala Negara. Ironis!" tulis Satyowati dalam foto unggahannya di Facebook, Minggu (13/5).

Akun Satyowati Pancasiwi mengunggah dua foto. Foto pertama ialah dua bingkai foto yang kedua-duanya ditutupi kertas. Foto kedua, dua bingkai foto namun pada bingkai foto Presiden Joko Widodo kertas penutupnya sedikit tersingkap. 

Di samping memberikan pernyataan soal penutupan foto dua pemimpin negara, Satyowati ‎juga menulis tentang aturan di SDN 85 Ciumbuleuit. Dikatakan bahwa para siswa perempuan wajib mengenakan jilbab.

"Satu lagi yang aneh di sekolah negeri satu ini, siswi-siswinya wajib berjilbab sejak masuk kelas 4. Eh, ini sekolah negeri lho, bukan sekolah swasta Islam," tulisnya.

Ketika didatangi ke lokasi pada Kamis (17/5), SDN 085 Ciumbuleuit sedang memasuki masa libur guna menghadapi jelang bulan Ramadhan. Di sekolah yang berada di Jalan Bukit Raya itu pun hanya terdapat seorang penjaga.

Ketika menghubungi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung untuk meminta klarifikasi, Sekertaris Disdik, Mia Rumiasari kemudian mengirimkan pesan yang berisi pernyataan dari Kepala Sekolah SDN 85 Ciumbuleuit, Sri Sukoati.

Berikut isi pernyataan klarisikasi dari Kepala Sekolah SDN 85 Ciumbuleuit, Sri Sukoati‎:

Tulisan saya ini untuk mengklarifikasi atas tulisan sdri Setyowati Pancasiwi  tentang SDN 085 Ciumbuleuit. 

Saya KS SDN 085 Ciumbuleuit , ingin menjelaskan bahwa penutupan foto Presiden dan Wakil hanya dlm rangka Sterilisasi ruangan ketika Ujian ,terutama USBN dari hal yg memungkinkan bisa membantu siswa dlm menjawab soal, krn kami tdk ingin ada kecurangan dlm pelaksanaan  USBN  (kami sangat menjunjung nilai kejujuran) , jika masih terpasang  krn petugas belum sempat mencopotnya kembali. 

Mengenai aturan mewajibkan  menggunakan jilbab bagi kls 4- 6 itu tidak benar.  karena sampai saat ini masih banyak siswa yg tidak menggunakannya, kalaupun mereka yg sdh  menggunakan itu karena kesadaran mereka sbg muslimah utk menutup aurat, selain itu mereka mungkin saja  mencontoh orang tua, guru" di SDN Ciumbuleuit yg kebanyakan muslimah  dan menyadari  kewajiban sebagai muslimah dalam menutup aurat. Jadi bukan dipaksa dengan aturan sekolah . Kami tidak pernah memberikan sanksi kepada siswa yg tidak berjilbab, bahkan kami tidak memaksa guru untuk menggunakan jilbab. 

Jadi mohon kepada sdri Setyowati untuk  meralat tulisannya , saya dan guru" lebih tahu apa yang ada di sekolah kami, sedangkan anda hanya mencuri tahu sedikit saja dengan memotret secara diam" tanpa seizin tuan rumah . 

Smg facebooker tdk terpengaruh dgn tulisan Setyowati. P
Alangkah terpujinya anda menulis hal" yg jelas kebenarannya, karena anda seorang intelek, 
Trm kasih. (Utara Jaya)

Fakta Foto Presiden dan Wapres Ditutup Kertas Putih di SDN Ciumbuleuit

Sebuah foto unggahan akun Satyowati Pancasiwi tentang bingkai foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ditutupi kertas di SDN 085 Ciumbuleuit, masih menjadi perbincangan hangat wargenet di Facebook.
Kali ini, Satyowati Pancasiwi mengunggah pernyataannya yang sekaligus menjawab klarifikasi yang telah disampaikan Kepala Sekolah di Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, itu, tentang unggahan foto tersebut.
Berikut klarifikasi Satyowati Pancasiwi yang diunggah Kamis (17/5/2018): Bismillahirrahmaanirrahiim, Saya buat klarifikasi di sini berkenaan dengan apa yang saya post pada 13 Mei 2018 lalu tentang SDN 085 Ciumbuleuit. Fakta dan alasan kecurigaan,
1. Selama masa sekolah dari tingkat TK sampai perguruan tinggi, saya menempuh pendidikan di sekolah negeri. Selama itu pula tak pernah menghadapi kondisi foto Presiden dan Wakil Presiden ditutup saat masa ujian.
Jadi penutupan foto Presiden dan Wakil Presiden dalam rangka sterilisasi ruangan untuk mencegah terbantunya murid mendapat jawaban atas soal ujian adalah alasan yang janggal menurut saya.
2. Foto salah satu sisi ruang kelas di SDN 085 Ciumbuleuit Bandung ini diambil beberapa hari setelah masa ujian usai. Artinya alasan penutupan foto-foto tersebut karena dalam rangka masa ujian, gugur.
3. Tidak ada gambar Garuda Pancasila, juga tidak ada paku untuk tempat menggantung gambar tersebut, yang berdasarkan ketentuan, pemasangan lambang Garuda Pancasila apabila didampingkan dengan foto Presiden dan Wakil Presiden, posisinya harus di tengah dan lebih tinggi. Padahal di seluruh lembaga milik pemerintah, pemasangan Lambang Garuda Pancasila adalah wajib, sama halnya dengan pemasangan bendera merah putih.
Berita Terkait: Menyoal Foto Presiden dan Wapres Ditutup Kertas di SDN 85 Ciumbuleuit
4. Di ruang kelas sekolah tersebut tidak ada alat peraga pendidikan semacam foto-foto pahlawan, peta Indonesia, tabel matematika dengan aneka operasional hitungnya, dll.
Pada saat foto yang saya bagikan tersebut diambil, tak ada paku-paku terpasang di dinding sisi lain, sebagai penanda bahwa biasanya ada benda yang digantungkan disitu. Jadi yang ditutup hanya foto Presiden dan Wakil Presiden.
5. Hampir semua siswi di sekolah tersebut, mulai dari kelas 4 mengenakan jilbab. Fakta tersebut ditegaskan oleh informasi dari salah seorang siswi di sana yang tidak mau disebutkan namanya, bahwa mereka wajib berjilbab mulai kelas 4. Sependek pengetahuan saya, sekolah umum negeri tidak mewajibkan siswinya untuk berjilbab.
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, saya membuat post yang isinya berdasarkan opini saya pribadi yang menganggap banyak kejanggalan pada fakta-fakta tersebut.
Dengan niat mendapatkan kejelasan tentang fakta tersebut, saya tag pihak terkait.
Melalui koneksi yang ada, beberapa saat setelah posting, saya pun melaporkan fakta atau temuan ini kepada salah satu pejabat di Pemerintah Kota Bandung dengan membagikan link postingan saya tersebut. Laporan tersebut oleh beliau langsung diteruskan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, yang hari itu juga langsung menindaklanjutinya.
Selanjutnya setelah melalui itu semua, saya menanti klarifikasi dari pihak yang berwenang tentang "tuduhan berdasarkan fakta" melalui postingan tersebut. Dan saya siap untuk membantu mem-viral-kannya apabila sudah ada.
Sore di hari yang sama, Kepala Sekolah dari sekolah tersebut menghubungi saya melalui inbox di facebook. Pesan yang beliau sampaikan sama sekali bukan klarifikasi seperti yang saya harapkan. Padahal apabila saat itu beliau menyampaikan klarifikasi, walaupun mungkin tidak jujur, bisa jadi membuat saya memutuskan untuk menutup atau bahkan menghapus postingan tersebut.
Silakan dicermati, kira-kira apa maksud yang tersirat dari pesan tersebut. Saya akan bagikan foto-foto percakapan kami setelah ini.
Menurut informasi yang saya terima, keesokan harinya tim dari Kemendikbudpar datang ke sekolah tersebut dan menginterogasi Kepala Sekolah serta guru-guru di sana. Sayang sekali, sampai saat ini jangankan ada pernyataan resmi untuk mengklarifikasi temuan yang saya bagikan, dari pihak-pihak yang berwenang, berdasarkan hasil investigasi tersebut.

Postingan saya terlanjur viral, juga dibagikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Muhadjir Effendy. Bahkan dibagikan ulang oleh beberapa media online.
Demikian penjelasan saya mengenai postingan berdasarkan opini pribadi tersebut yang saya bagikan di media sosial melalui akun pribadi. Tambahan informasi, saya bukan pewarta yang bekerja untuk media berita. Saya hanyalah warga masyarakat yang sangat peduli atas bahaya radikalisme yang bibitnya bisa disemai di mana saja, tak terkecuali di institusi pendidikan milik pemerintah dengan cara di antaranya menghilangkan rasa hormat kepada pemerintah yang notabene dikepalai oleh Presiden.
Cc: Kata Kita Meme Politik Indonesia Info Seputar Presiden Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax yang sudah membagikan dan membahas postingan saya tersebut
Dalam unggahan tersebut, Satyowati juga memfoto percakapan dengan orang yang mengaku Kepala Sekolah dari sekolah tersebut via inbox di Facebooknya.
Sebelumnya, Satyowati mengunggah foto bingkai presiden dan wapres yang ditutupi kertas putih, Minggu (13/5/2018). Foto tersebut dibagikan hingga ratusan kali (viral).
(Iman Herdian)

Sumber : Kumparan.com

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Kebohongan Klarifikasi Kepsek SDN 85 Ciumbuleuit Bandung Yang Tutup Foto Presiden dan Wapres, Dibongkar Akun Satyowati di Medsos"

  1. Ajang paling bergengsi Piala Dunia Russia 2018
    yakin cuma mau nonton aja Bos??
    disini nih Bos bisa dapat uang tambahan selama Piala Dunia..
    Kami Agens128 agen resmi Piala Dunia Terpercaya Bos
    dapatkan promo menarik selama Piala Dunia
    Daftar Sekarang Bos !!!
    kunjungi web kami bos di www. s128 .org
    untuk info silahkan add kami di:
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    whatup : 0877-8922-1725
    Line id : agens1288

    BalasHapus
  2. Daftar Piala Dunia 2018 hanya Di SINI

    BalasHapus
  3. Dengan hanya minimal deposit 50.000 IDR sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran di berikan GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Noted : Menangkan Samsung Note 8 64GB BNIB dan Iphone X 256 GB BNIB Hanya Dengan Bermain Poker Di AnAPoker

    Hubungi Kami Sekarang Juga !!!!
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0877-8922-1725

    Ayo tunggu apalagi !!!!!! ..

    BalasHapus
  4. Dengan hanya minimal deposit 50.000 IDR sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran di berikan GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Noted : Menangkan Samsung Note 8 64GB BNIB dan Iphone X 256 GB BNIB Hanya Dengan Bermain Poker Di AnAPoker

    Hubungi Kami Sekarang Juga !!!!
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0877-8922-1725

    Ayo tunggu apalagi !!!!!! ..

    BalasHapus
  5. Are You Ready? 2018 FIFA World Cup is coming!!! Trusted Online Agent.

    www.s128agen.com

    BalasHapus
  6. Agen Resmi Piala Dunia 2018 : s128agen
    Dapatkan Bonus 10% New Member
    Dan Bonus 5% Setiap Hari
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0877-8922-1725
    Live Chat 24 Jam : s128agen .com

    BalasHapus
  7. Agen Terbaik ada disini Bos!!
    jangan pilih yang lain lagi..
    Agen betting no 1 dengan sevice terbaik.
    Agens128 menyediakan berbagai macam permainan populer..
    Sabung ayam, poker, casino, domino, sbobet, tembak ikan dan banyak lagi Bos!
    Mari Bergabung Di website s128 .org dan dapatkan bonus menarik.
    untuk info silahkan add kami di:
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    whatup : 0877-8922-1725
    Line id : agens1288

    BalasHapus