Selamat..! Menteri Susi Lulusan SMP Dapat Gelar Doktor Honoris Causa. Tangis Haru Menteri Susi Saat Terima Gelar dari Undip



Healmagz.com - Univeritas Diponegoro Semarang akan memberikan gelar honoris causa (doktor kehormatan) untuk Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ketua Senat Universitas Diponegoro Semarang Sunarso menyatakan proses pemberian gelar untuk Susi sudah melalui prosedur yang panjang dan sesuai aturan.

“Karena beliau menguasai bidang ilmu kelautan dan perikanan,” kata Sunarso dalam konferensi pers, Jum’at sore 2 Desember 2016.

Prosesi penganugerahan akan digelar Sabtu 3 Desember 2016 di Kampus Undip Tembalang Semarang. 



Sunarso menyatakan Susi sangat layak mendapatkan gelar kehormatan karena ia juga telah mendapatkan pengakuan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan nilai sembilan atau setara dengan gelar doktor.


Rektor Undip Yos Johan Utama menambahkan sudah ada berbagai pertimbangan sebelum memberikan gelar untuk Susi. Pertimbangan itu sudah dikaji para guru besar dari berbagai disiplin ilmu.

“Secara akademik, metode yang dilakukan beliau sangat runtut, rasional dan tepat,” kata Yos Johan.

Adapun dari sisi politik, kata Yos, Susi juga menjalankan koneksi internasional sehingga kebijakannya memberikan dampak positif bagi negara dan bangsa. “Peran yang paling besar terkait dengan illegal fishing,” kata dia.

Yos mengakui Susi hanyalah mengantongi ijazah sekolah tingkat SMP. Tapi Susi juga telah memperoleh pengakuan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setara dengan doktor. Yos menyebut pengakuan ingin juga termasuk level tertinggi dan tak mudah meraihnya.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa orang pandai tak harus muncul dari perguruan tinggi,” katanya.

Yos mengklaim gelar ini diberikan ke Susi bukan karena yang bersangkutan memiliki jabatan menteri.

Susi Pudjiastuti mengatakan dirinya tersanjung dengan pemberian gelar ini. “Saya sebenarnya belum pantas,” kata dia.

 



Ia mengaku dalam satu tahun terakhir ini banyak universitas yang mau memberikan gelar. Saat itu, Susi selalu menjawab: “saya pikir-pikir dulu”.

Setelah melalui proses uji kompetensi di Undip ia mau menerima gelar doktor kehormatan. Susi menyatakan akan tetap biasa saja setelah ia menerima gelar honoris causa. “Saya tetap menjadi Susi seperti biasanya. Akan menjalankan kebijakan-kebijakan yang ada,” kata dia. 


Susi, yang diketahui berijazah SMP, meneteskan air mata karena terharu menerima gelar kehormatan itu.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama mengatakan pemberian gelar tersebut melalui proses yang panjang, termasuk harus ada persetujuan dari senat dan para guru besar. Menteri Susi juga sudah melalui kajian ilmiah untuk memperoleh gelar doktor honoris causa.

"Berkat kebijakan beliau telah mewujudkan kesejahteraan dan kedaulatan negara," kata Yos dalam pembukaan acara penganugerahan gelar doktor honoris causa di gedung Prof Soedarto, Undip, Semarang, Sabtu (3/12/2016). 





Menteri Susi membacakan pidato penganugerahan berjudul "Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia".

Pada pidatonya, Susi menyebutkan, sebelum ada moratorium yang dilakukannya, illegal, unreported, and unregulated fishing (IUU) di Indonesia menyebabkan kerugian sebesar USD 20 miliar per tahun. Susi mengungkapkan segala upayanya untuk mengembalikan kedaulatan.

"Dampaknya, jumlah rumah tangga nelayan turun 50% dari 1,6 juta keluarga menjadi 800 ribu keluarga dalam kurun waktu 10 tahun, 2003-2013," kata Susi.

Susi mengungkapkan dirinya merasa belum pantas mendapatkan gelar penghormatan itu. Ia juga bercerita dan bercanda soal riwayat pendidikannya yang hanya lulusan SMP dan menganggap dirinya tidak berpendidikan.

"Sekarang menteri yang memimpin lembaga ini seorang doktor honoris causa," ujar Susi disambut tepuk tangan dan tawa tamu undangan.

Ibu tiga anak tersebut sempat meneteskan air mata ketika mengucapkan terima kasih untuk ayahnya, almarhum Ahmad Karlan, ibunya Suwuh Lasminah, serta tiga anaknya. Ia juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah mengangkatnya sebagai menteri dan kepada semua pihak yang ia sebutkan satu per satu.

"Saya ucapkan terima kasih karena memberikan inspirasi. Ini membuat saya lebih keras bekerja lagi. Dengan gelar doktor, saya lebih amanah," tandasnya.


Sembari menyeka air matanya, Susi masih melontarkan candaan. Ia mengatakan dulu banyak foto dia beredar saat menenggelamkan kapal dengan busana kasual biasa, kini ia lebih garang karena sudah memakai toga.

"Dulu saya tenggelamkan kapal pakai topi satgas 115, pakai rok biasa. Nanti ada foto saya menunjuk pakai toga, pasti lebih membuat takut lagi," canda Susi.

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah tamu penting, antara lain Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan perwakilan dari TNI, Polri, serta perwakilan dari kedutaan besar berbagai negara.(tempo & detik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat..! Menteri Susi Lulusan SMP Dapat Gelar Doktor Honoris Causa. Tangis Haru Menteri Susi Saat Terima Gelar dari Undip"

Posting Komentar