Konyol..! Para Saksi Ahli Belum Baca Postingan Buni di Facebook

 
Buni Yani dan kuasa hukumnya.


Healmagz.com – Setelah beberapa saksi fakta yang dihadirkan tidak mengetahui isi dari postingan Buni Yani, kini giliran ahli agama mengakui hal serupa.

Ahli agama yang dimaksud adalah Doktor Achmad Lutfi. Saat bersaksi, terlihat beberapa kali Achmad mengulangi pertanyaan dari tim termohon.

Melihat hal tersebut, hakim tunggal Sutiyono yang memimpin sidang tiba-tiba memotong pembicaraan antara Lutfi dengan termohon Kombes Agus Rohmat.

“Sebentar, kelihatannya saksi tidak memahami yang ditanyakan termohon. Apa saksi tahu apa yang diunggah pemohon? Atau malah belum pernah lihat?” tanya Sutiyono di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016).

“Sejujurnya saya tahu kasus ini setelah beredar di media. Itu pun karena ada kata-kata SBY, setelah saya tahu ternyata yang dimaksud Pak Buni. Saya belum pernah baca postingannya,” jawab Lutfi.

Menanggapi pernyataan tersebut, akhirnya ketua hakim mempersilakan saksi untuk membaca screenshot yang menjadi salah satu bukti P8.

Setelah membaca dengan seksama, termohon kembali mengulangi pertanyaan yang belum terjawab.

“Menurut ahli, dalam tulisan yang tertera di bukti yang ahli baca tadi, apakah dalam agama Islam dibenarkan memberi tahu atau mengabarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan sumber aslinya? Apakah itu bisa dikategorikan sebagai fitnah?” tanya Kombes Agus.

“Harus dilihat dari maknanya dulu, kalau substansinya masih sama, sah-sah saja,” jelas Lutfi.

Diketahui dalam kesaksiannya, pihak termohon menanyakan kutipan pidato Ahok yang menghilangkan kata ‘pakai’ dalam kalimat dibohongi pakai surat Al Maidah 51.

Menurut saksi ahli, ada tidaknya kata pakai tidak memengaruhi arti dari kalimat tersebut.

“Kembali lagi pada arti dari kalimat itu. Substansinya masih sama, artinya tidak berubah,” tandasnya.(kriminalitas.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konyol..! Para Saksi Ahli Belum Baca Postingan Buni di Facebook"

Posting Komentar