Kedatangan Jokowi Tanpa Diduga Bikin Heboh Netizen. Tagar #Jokowi212, Apresiasi Netizen untuk Jokowi. Salut!



Healmagz.com - Tanpa diagendakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo ikut menunaikan shalat Jumat di kawasan Monas. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu memilih shalat di Monas karena ingin berdampingan dengan peserta doa bersama "212".

Hujan deras yang mengguyur Jakarta, Jumat (2/12/2016) siang ini, tak menghalangi Jokowi untuk menunaikan shalat Jumat berjemaah. Bersama beberapa jejeran menteri Kabinet Kerja, Jokowi itu memilih berjalan kaki ketimbang naik mobil.

"Kejutan" dari Jokowi ini disambut netizen Tanah Air dengan berbagai reaksi, salah satunya dengan mengunggah sejumlah foto sosok ke-7 dalam jajaran presiden RI itu saat berjalan ke Monas.

Salah satu foto Jokowi berjalan kaki di tengah hujan sambil melindungi diri dengan payung terpantau paling banyak dibagikan di Twitter. Tak ada ajudan atau Paspampres yang memegangkan payung,  Presiden lebih nyaman memegang payung sendiri.

Menurut pantauan KompasTekno, linimasa Twitter dipenuhi kicauan dengan menyertakan foto Jokowi berpayung menuju Monas tersebut. Mayoritas netizen melontarkan rasa kagum.


Jokowi terlihat tak canggung harus berjalan kaki sejauh 900 meter di bawah rintik hujan. Payung melindungi kemeja putih dan celana hitam panjangnya agar tak basah. Peci hitam pun tak lupa dikenakan sebagai atribusi shalat.

Akun Twitter Wapres Jusuf Kalla pun turut membagi foto tersebut ke linimasa. Tak ketinggalan, budayawan Gunawan Muhammad pun turut mengeluarkan kicaun kekaguman kepada Jokowi, sambil menyertakan foto yang viral tersebut.


Jokowi dan rombongan meninggalkan Istana Merdeka menuju Monas pada pukul 11.40 WIB. Tiba di Monas sekitar pukul 12.00 WIB, massa doa bersama menyambut antusias kehadiran Jokowi. Memang tak semua peserta bisa melihat sosok Jokowi yang langsung masuk ke tenda.

Namun, seseorang memberitahukan kehadiran Jokowi melalui pengeras suara. Massa pun langsung menyerukan "Allahu Akbar" beberapa kali.

Usai shalat Jumat, Jokowi menyempatkan diri menyapa para peserta doa bersama. Ia menyampaikan rasa terima kasih karena aksi massa berlangsung tertib.

"Saya ingin memberikan penghargaan pada jemaah yang hadir, tertib dalam ketertiban. Allahu Akbar! Sekali lagi terima kasih," kata Jokowi, sebagaimana disiarkan langsung lewat KompasTV.

Rombongan yang ikut Jokowi shalat Jumat di Monas siang ini adalah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, serta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Tampak pula Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Iriawan, dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.


Presiden Joko Widodo ikut salat Jumat bersama dengan peserta Aksi Bela Islam III di Lapangan Monas, Jumat, 2 Desember 2016, diapresiasi oleh netizen.

Tagar #Jokowi212 masuk menjadi trending topik di media sosial twitter. "#Jokowi212 Jokowi memang mantap," cuit akun @MirzaaRamli, Jumat.

"Faktanya Pak Presiden memang Merakyat dan Untuk Rakyat #Jokowi212," tulis akun @Fakta.

Tak hanya cuitan, netizen juga mengapresiasi kedatangan Jokowi dengan membuat meme dan gambar yang menarik. Tampak di salah satu akun memposting gambar angka 212, dimana angka 1-nya diubah menjadi siluet gambar Jokowi yang memegang payung.


"Biar hujan. Bapak no 1 di indonesia kita ini tetap datang menghadiri aksidamai dan ikut serta sholat jumat. Kerennn 😎😎😎 #Jokowi212," cuit @SuaimanKoto melengkapi gambar yang ia posting itu.

Jokowi mengikuti salat Jumat berjamaah didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Kepala Kepolisian Jenderal Tito Karnavian. Sejumlah ulama dan tokoh masyarakat juga ikut berada di barisan belakang Jokowi. Di antaranya Rizieq Shihab, Marzuki Ali, Hidayat Nur Wahid, dan lainnya.

Kedatangan Jokowi sebelumnya mendapatkan respon positif dari massa. Mereka menyerukan takbir dan mengepalkan tangan ke udara. Massa juga kian merangsek menuju mimbar podium. Mereka bergemuruh riuh rendah. "Takbir, takbir," kata Jokowi mengajak massa.

Presiden juga berpesan agar nanti mereka meninggalkan aksi dengan tertib. Jokowi sama sekali tak menyinggung terkait dengan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama. Jokowi hanya berpidato singkat mengucapkan terima kasih kepada massa yang rela datang dari daerah ke Jakarta.



(kompas.com & tempo.co)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedatangan Jokowi Tanpa Diduga Bikin Heboh Netizen. Tagar #Jokowi212, Apresiasi Netizen untuk Jokowi. Salut!"

Posting Komentar