AHY, tidak Datang ke Acara Debat Lagi, Menjadi Boomerang Baginya


 


Healmagz.com - Calon Gubernur DKI nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), lagi-lagi absen dalam acara debat. Kali ini ia tak hadir dalam debat yang diselenggarakan oleh Net TV (9/12) di mana debat hanya menghadirkan dua calon/kandidat lainnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan.

Memang, ketidakhadiran AHY dalam debat ini bukan sesuatu yang wajib dipermasalahkan. Sebab agenda di Net TV ini bukanlah debat resmi sebagaimana sudah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

KPUD telah menetapkan debat pada 13 dan 27 Januari, serta 10 Februari 2017. Debat di penghujung masa kampanye ini, sebagaimana diungkap oleh Sumarno Ketua KPU Jakarta, tujuannya agar masyarakat masih segar dalam mengingat program setiap pasangan calon sebelum memilih pada 15 Februari mendatang.

Hanya saja, meski tidak resmi, ketidakhadirannya menjadi boomerang tersendiri. Citra pasangan calon usungan Partai Demokrat ini kembali meredup setelah sebelumnya dikritik habis karena punya program yang eksesnya berpotensi melahirkan tindak pidana korupsi. Program tersebut adalah program 1 M untuk masing-masing Rukun Warga (RW) DKI.

Ya, ketidakhadiran AHY mengundang asumsi yang tak sedikit. Ada yang menyebut bahwa AHY tak siap beradu argumen dengan calon yang memang sudah punya kapasitas rata-rata dalam hal debat. Ada pula yang menilai bahwa ketidakhadiran AHY karena tidak diizinkan oleh tim pemenangannya sendiri. Dari asumsi-asumsi tersebut, tak salah jika #AHYTakutDebat dan #ManaAgus menjadi hestek yang booming di berbagai jejaring media sosial, terutama di Twitter.

Saat ditanya soal ketidakhadirannya, AHY pun menuturkan alasannya bahwa debat dengan calon lainnya bukanlah prioritas kerjanya selama masa kampanye. Lagi pula, baginya, tak ada kewajiban bagi paslon mana pun, termasuk dirinya sendiri, untuk menghadiri acara debat selain yang dijadwalkan resmi oleh KPUD.

Di samping itu, AHY juga mengatakan bahwa ia memilih untuk tidak hadir dalam agenda debat Calon Gubernur karena punya jadwal kunjungan ke Tambora, Jakarta Barat. Karenanya, dia memilih untuk berkunjung ke lumbung-lumbung pemilihnya sembari tetap memperkuat lini massa kekuatannya.

“Enggak enak saya batalkan warga yang sudah menunggu luar biasa tadi di Tambora. Tidak mungkin saya batalkan tadi, pasti akan kecewakan masyarakat. Tentu saya tak punya hati untuk membatalkan,” katanya dalam Kompas.

Debat yang diselenggarakan oleh media swasta ini memang bukan acara resmi sebagaimana yang telah dijadwalkan KPU. Agenda ini hanyalah inisiatif untuk mengenal lebih jauh visi-misi dan program dari para kandidat yang akan bertarung. Agenda ini juga sekaligus menjadi ajang “latihan” sebelum debat resminya terselenggara.

Hadir atau pun tidak, jelas bukan masalah, apalagi akan mengganggu jalannya Pilkada kelak. Hanya saja, ketidakhadirannya membuat kualitas dirinya sendiri sebagai kandidat yang semakin populer dipertanyakan. Apalagi, sebelum debat ini, AHY juga terlihat gelegepan saat bicara tentang kesenjangan sosial di Mata Najwa.(qureta.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AHY, tidak Datang ke Acara Debat Lagi, Menjadi Boomerang Baginya"

Posting Komentar