Kapal Malaysia Diberondong Senjata TNI AL, 1 Tewas Tertembus peluru

illustrasi

Healmagz.com - Kapal penangkap ikan berbendara Malaysia KF 5615 diberondong senjata aparat Indonesia di sekitar perairan Pulau Salah Nama, Kabupaten Batubara. Satu dari empat nelayan berkebangsaan Myanmar diduga melakukan aktivitas pencurian ikan (ilegal fhising) tewas setelah tertembus peluru petugas.
Informasi diperoleh wartawan, penembakan kapal ikan nelayan asing bermula ketika petugas kapal patroli KAL Viper milik aparat militer berpangkalan di Belawan sedang berpatroli di sekitar laut perbatasan Selat Malaka. Ketika melintasi perairan Pulau Salah Nama, petugas memergoki kapal KF 5615 berada di kawasan teritoral laut Indonesia.
Menduga kapal tersebut melakukan aktivitas ilegal fishing, petugas langsung mengejar. Mengetahui aksinya dipergoki, kapal ikan asal Malaysia yang diawaki oleh empat warga negara Myanmar ini malah berniat melarikan diri dan berupaya menabrak kapal patroli TNI Angkatan Laut (AL).
Aparat TNI AL yang tak mau kecolongan, sempat melepaskan beberapa kali tembakan peringatan hingga akhirnya laras senjata petugas diarahkan ke lambung kapal ikan tersebut. Dalam peristiwa penembakan itu, seorang nelayan tewas di tempat dengan kondisi tubuh tertembus peluru.
Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, pasca tewasnya nelayan asing itu langsung menggelar jumpa pers. Kepada wartawan, jenderal bintang satu ini menerangkan, kapal ikan berbendera Malaysia itu terpaksa ditembak karena tidak mematuhi perintah petugas saat akan diamankan.
“Petugas kita sempat memberi perintah agar berhenti. Mereka baru berhenti setelah petugas menembak lambung kapal,” katanya.
Yudo menyebutkan, para nelayan asing ini diduga sebelumnya sudah sempat melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Ini terbukti dengan ditemukannya sebanyak dua ton berbagai jenis ikan di dalam palka kapal.
Sedangkan mengenai kematian salahseorang nelayan asing itu baru diketahui saat kapal KF 5615 itu berhenti. Nah, saat itu baru diketahui ada seorang awak kapal tewas dengan luka tembak.
Jasadnya kemudian dievakuasi ke RSU dr Pirngadi Medan. “Sedangkan tiga awak lagi masih diperiksa,” tandas Yudo, tanpa menyebutkan identitas keempat nelayan tersebut.
**Mayat Nelayan Asing Dititip di RS Pirngadi
Seorang nelayan asing berkebangsaan Myanmar yang belum diketahui identitasnya tewas setelah ditembak karena melawan petugas saat berlayar di pulau Salah Nama Batubara, Kamis (11/2).
Pantauan koran ini, nelayan yang meninggal itu diperkirakan berumur 40 tahun, berbadan tambun, dan hanya menggunakan celana dalam berwarna kuning. Kemudian di dada kirinya terdapat sebuah luka bekas tembakan.
Informasi diperoleh, jenazah nelayan asing itu diantar ke Ruang Instalasi Forensik RSU dr Pirngadi Medan untuk dititipkan sementara.
Menurut Ucok (40), seorang parbetor (abang becak), warga Marendal, menuturkan bahwa jenazah nelayan itu tiba di Ruang Instalasi Forensik RSU dr Pirngadi Medan sekitar pukul 11.00 WIB dan yang mengantarkan jenazah tersebut pihak Lantamal Belawan. “Kata petugas Lantamal, nelayan itu ditembak karena berusaha lari,” kata Ucok. (rul/riz/smg/ms)/ postmetro-medan.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kapal Malaysia Diberondong Senjata TNI AL, 1 Tewas Tertembus peluru"

  1. CEMEPOKER kartu online profesional terbaik dan terdepan di indonesia. kami menyediakan aneka permainan kartu online multiplayer server idnplay terbesar dan teknologi permainan tercanggih. Layanan sistem transaksi banking online deposit dan withdraw super cepat. Ayo dapatkan jackpotnya setiap hari dan juga dapatkan freechip sekarang juga. Jangan lewatkan kesempatan ini guys. segera daftarkan diri anda sekarang juga

    Minimal Deposit Rp.25.000
    Minimal Withdraw Rp.25.000

    BBM : cemepkr

    BalasHapus
  2. Bosan dengan yang lain?
    kini telah hadir mega promo judi online ternama AGENS128 khusus member baru lohh!!
    ada FREE CHIPNYA juga lohh buruan ini linknya gan !
    AGENS128 .ORG
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Whatup : 0877-8922-1725
    Line Id : agens1288

    BalasHapus