Menyedihkan! Harga Daging di Negara Tetangga Lebih Murah



Healmagz.com - Industri pengolahan daging domestik sangat mengalami distorsi karena bahan baku yang sangat terbatas. Malaysia mengimpor daging dari mana saja, termasuk India dan Brasil, dengan harga hanya Rp 40-50 ribu per kilogram (kg). Sedangkan Indonesia yang saat ini hanya bisa mengimpor daging sapi dari Australia membuat industri pengolahan daging membeli bahan baku dengan harga Rp 70-80 ribu per kg.
Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia (Nampa) Haniwar Syarif mengungkapkan, dengan pemasok yang terbatas, industri pengolahan daging nasional harus membayar bahan baku jauh lebih mahal dari Malaysia. “Kalau mau ada persaingan yang adil, maka kalau di Malaysia boleh maka di Indonesia juga harus boleh (impor dari India atau Brasil),” ungkap dia saat dihubungi Investor Daily di Jakarta, Kamis (7/1) malam.
Haniwar mengungkapkan, peluang Indonesia untuk impor daging dari India dan Brasil sebenarnya sudah terbuka dengan revisi UU tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Bahkan informasinya tim dari Indonesia sudah mengecek ke India, bahkan ke Meksiko untuk mencari pemasok daging. “Pemerintah sudah bilang mau impor dari dua negara tersebut, namun hingga kini belum juga ada implementasinya,” ungkap dia.
Dengan harga bahan baku yang mahal, alhasil harga produk jadi dari Indonesia menjadi lebih tinggi. Harga rata-rata sosis asal Malaysia misalnya hanya US$ 2,29 atau Rp 29.770 per kilogram (kg). Sementara harga sosis buatan Indonesia dengan kualitas sama bisa mencapai Rp 60 ribu per kg.
Source: beritasatu.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyedihkan! Harga Daging di Negara Tetangga Lebih Murah "

Posting Komentar