Hebat! Jokowi Ambil Keuntungan Sebesar-besarnya dari Pertikaian Amerika-China

lensaberita.net

Healmagz.com - Selain soal ekonomi, Presiden Joko Widodo juga menyinggung pergolakan politik global. Jokowi ingin Indonesia bisa memanfaatkan keuntungan dari rivalitas negara-negara di dunia.

Salah satu rivalitas negara yang disebut Jokowi yakni antara Amerika Serikat dengan China. Dulu rivalitas itu masih sekedar kemungkinan, namun kita sudah terjadi.

"Kalau kita lihat rivalitas kekuatan besar Amerika-China, China-Jepang, dulu masih kita lihat sebagai kemungkinan-kemungkinan, dan Indonesia berada pada pusaran pertarungan ini," kata Jokowi saat acara rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/12/2015).

Jokowi mengatakan, Indonesia bisa berperan untuk mengambil keuntungan dari rivalitas negara-negara tersebut, terutama dari segi ekonomi dan politik.

"Apa yang harus kita lakukan? Menurut saya, ambil keuntung yang sebesar-besarnya dari rivalitas ini, manfaatkan rivalitas ini untuk national interest, baik dari segi ekonomi maupun politik," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dirinya sempat dituding akan membawa Indonesia lebih condong ke arah China. Namun dia membantah hal tersebut.

"Awal-awal saya dilantik, orang melihat Indonesia akan condong ke China. Semua ngoming begitu karena saya sudah ke Beijing dua kali dan belum pernah ke Amerika Serikat. Padahal tidak," tegasnya.

"Apapun strategi besar sebuah negara, apapun strategi itu, harus dihitung, mana yang menguntungkan buat national interest kita," imbuhnya.

Dikatakan Jokowi, isu lebih condong ke China itu kemudian berubah seketika ketika dirinya berkunjung ke Amerika Serikat dan bertemu Barack Obama.

"Begitu ke Amerika ketemu Obama, bilang berencana ikut TPP (Trans Pasific Partnership), berubah lagi pandangan-pandangan ke Indonesia. Yang paling penting cuma satu, kepentingan nasional," katanya.

Jokowi memprediksi, rivalitas negara-negara besar akan semakin meningkat.

"Saya melihat rivalitas negara-negara besar akan semakin meningkat, terutama geostrategy, penguasaan akses sumber daya maritim, akses energi, pangan. Ke depan akan bersaing mengarah ke tiga hal ini, dan itu semuanya ada di Indonesia kita tahu, 2/3 Indonesia adalah air," jelas Jokowi.


(rjo/fdn)/detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hebat! Jokowi Ambil Keuntungan Sebesar-besarnya dari Pertikaian Amerika-China"

Posting Komentar