Anehya 6 Anggota ini Ngotot Tutup Kasus 'Papa Minta Saham'


Healmagz.com - Akhirnya, MKD DPR melalui yang namanya tahap voting. Hasilnya, MKD pada akhirnya memutuskan untuk membawa kasus Setya Novanto yang terkait kasus pencatutan nama Presiden dan Wapres ke persidangan.

Namun, ada hal menarik yang menjadi sorotan publik. Terdapat enam anggota yang tetap bersikukuh menolak untuk kasus Novanto ini dilanjutkan.

Apa sih alasan mereka?

Enam anggota yang ngotot menolak kasus Novanto dibawa ke persidangan adalah:

1. Kahar Muzakir (Wakil Ketua MKD dari Golkar) dari dapil Sumsel I
2. Adies Kadir (Golkar) dari dapil Jatim I
3. Ridwan Bae (Golkar) dari dapil Sulteng
4. Zainut Tauhid (PPP) dari dapil Jawa Tengah IX
5. Sufmi Dasco (Gerindra) dari dapil Banten III
6. Supratman (Gerindra) dari dapil Sulteng

Setelah voting tahap pertama memutuskan kasus Novanto berlanjut ke persidangan, voting kedua adalah menentukan apakah persidangan langsung melanjutkan ke jadwal persidangan atau menuntaskan verifikasi terlebih dahulu.

Voting kedua ini hasilnya 9 anggota mendukung opsi pertama dan hanya 8 anggota mendukung opsi dua. Artinya MKD melanjutkan kasus Novanto ke persidangan dan langsung masuk ke jadwal sidang.

"Alhamdulillah, berarti mayoritas memilih melanjutkan persidangan dengan menuntaskan jadwal persidangan," ucap kata Ketua MKD DPR dari PKS Surahman Hidayat sambil mengetok palu sidang.

Di antara enam anggota yang menolak sidang kasus Novanto dilanjutkan, tiga anggota baru dari Golkar termasuk yang paling banyak berargumen menentang kelanjutan kasus ini. Ridwan Bae sempat mempersoalkan legal standing Sudirman Said dan keabsahan bukti rekaman yang disertakan dalam laporan Menteri ESDM terkait pencatutan nama Presiden dan Wapres terkait kontrak Freeport itu.

Sementara Kahar Muzakir terang-terangan menyebut keinginan Golkar agar kasus Setya Novanto case closed di MKD. Kahar Muzakir yang disebut oleh Junimart Girsang sempat menggebrak meja sembari berdiri di rapat MKD juga kerap menemui Novanto di sela-sela persidangan MKD.

Belakangan dua anggota dari Gerindra juga ikut bermanuver mengganjal agar kasus Novanto tidak diteruskan ke persidangan. Namun voting terbuka membuktikan bahwa masih lebih banyak anggota MKD yang mendukung kasus Novanto diteruskan ke persidangan dan langsung masuk ke agenda pemanggilan pihak terkait.

Sebelas anggota yang setuju kasus ini dibawa ke persidangan adalah:

1. M Prakosa (PDIP/Dapil Jawa Tengah IX)
2. Junimart Girsang (PDIP/Sumatera Utara III)
3. Marsiaman Saragih (PDIP/Riau II)
4. Akbar Faizal (NasDem/Sulawesi Selatan II)
5. Sarifuddin Sudding (Hanura/Sulawesi Tengah)
6. Sukiman (PAN/Kalimantan Barat)
7. Ahmad Bakri (PAN/Jambi)
8. Guntur Sasono (Demokrat/Jawa Timur VIII)
9. Darizal Basir (Demokrat/Sumatera Barat I)
10. Acep Adang Ruhiat (PKB/Jawa Barat XI)
11. Surahman Hidayat (PKS/Jawa Barat X)

Bagaimana menurut Anda?

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Anehya 6 Anggota ini Ngotot Tutup Kasus 'Papa Minta Saham'"