Ternyata Ahok adalah Kader dan Murid Gus Dur



Healmagz.com - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu ternyata kader dan murid Gus Dur. Benarkah? Selama ini, almarhum Kiai Haji Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dikenal sebagai inspirasi semua golongan, baik dari kalangan pesantren maupun kelompok lintas agama. 


Selama hidupnya, Gus Dur (1940-2009) melalang buana untuk mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan. Gus Dur menjadi salah satu tokoh dunia, dalam bidang pengetahuan Islam, toleransi dan humanisme. Peran Gus Dur di dalam pergerakan politik Indonesia dan dunia internasional sangat besar. Kiprah Gus Dur membela orang Tionghoa melalui kebijakan-kebijakan strategisnya memberi catatan penting bagi sejarah politik di Indonesia. 

Atas jasanya, Gus Dur mendapat gelar “Bapak Tionghoa Indonesia” dari komunitas Tionghoa. Gus Dur mendapat gelar ini, dari Komunitas Tionghoa di Semarang, di Klenteng Tay Kek Sie, Gang Lombok, pada Maret 2004. Selain itu, Gus Dur dikenal sangat dekat dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Bahkan, jauh sebelum Ahok menjadi Gubenur DKI Jakarta dan dikenal sebagai sosok pemberani di ranah birokrasi politik Indonesia. 

Bagaimana sebenarnya Gus Dur mengkader dan mendukung Ahok? Gus Dur mendukung Ahok ketika memulai karir politiknya di tanah kelahiran, menjadi Bupati Bangka Belitung. Ahok, ketika itu, terganjal oleh sebuah kasus politik yang dilandasi kompetisi politik. Gus Dur mendukung Ahok dan berkampanye untuk kemenangan Ahok. Gus Dur juga meramal Ahok akan jadi Gubernur, bahkan presiden. “Gus Dur bilang, jangankan gubernur, jadi presiden pun kamu bisa. 


Saat saya putus asa mau nyalon Gubernur Bangka Belitung, Gus Dur tetap nggak putus asa loh,” ungkap Ahok dalam wawancara dengan media, pada Sabtu, 24 April 2015 lalu. Justru, Ahok yang ragu dengan pernyataan Gus Dur. “Saya dibilang, gila ya mau jadi gubernur. Enggak mungkinlah, segala macam. Karena dibilang begitu, ya saya juga sempat putus asa karena dicurangin juga,” terang Ahok. 

Dari sosok Gus Dur, Ahok belajar banyak untuk berani berbuat benar meski banyak yang melawan dan menentang. Sikap Gus Dur yang cuek juga menjadi salah satu panutan Basuki dalam menjadi pemimpin di tengah segala tantangan kompleks untuk kota besar DKI Jakarta. Dari pribadi Gus Dur, Ahok menjadi murid yang setia menggali inspirasi darinya. Dalam beberapa kali agenda Haul Gus Dur, Ahok datang untuk menghormati GD. Salam. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ternyata Ahok adalah Kader dan Murid Gus Dur"

  1. Siapapun bisa jadi murid syaratnya jujur, berani melawan segala bentuk penindasan

    BalasHapus