Inilah 5 fakta di balik mitos tentang nutrisi diet


Healmagz.com - Saat menjalankan diet, kita kan dipenuhi dengan berbagai saran dan larangan yang dipandang mampu mendukung kesuksesan diet yang kita jalankan. Tetapi, kita juga tidak boleh asal mengikuti, karena mengetahui fakta di balik semua saran dan larangan itu penting. Nah, untuk memudahkan pandangan kita mengenai diet yang tepat, berikut merupakan fakta yang ada di balik beberapa mitos yang seringkali menjadi pertanyaan para pecinta diet.
1. Larangan makan di malam hari
Banyak orang yang berpikiran bahwa makan malam adalah salah satu pantangan bagi mereka yang tengah berada dalam program diet. Faktanya kalori yang dibakar oleh tubuh tidak memandang waktu. Bagi kamu yang memiliki aktivitas pada malam hari (lembur atau fitness malam) membutuhkan kalori pengganti setelah menggunakan banyak energi.
Hal yang perlu kamu perhatikan sebenarnya adalah jenis makanan yang kita konsumsi. Jika kamu ingin menjaga berat badan. Saat makan malam, pilihlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan sayuran.
2. Pilih makanan bebas lemak trans
Banyak yang menyakini bahwa makanan tanpa lemak trans adalah makanan yang tepat untuk diet. Saat membeli makanan olahan, berhati-hatilah dalam memilih dengan memeprhatikan kandungan nutrisinya. Jika kamu menemukan kata "partially hydrogenated" berhati-hatilah. Ini berarti makanan tersebut mengandung lemak yang telah diproses dengan cara yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan diabetes.
3. Telur warna coklat lebih sehat daripada yang berwarna putih
Pandangan ini mungkin diakitkan dengan gandum. Produk gandum yang berwarna lebih cokelat memang lebih sehat karena mengalami sedikit proses. Tetapi, hal ini tidak berlaku pada telur. Warna telur ayam hanyalah refleksi dari jenis ayam dan tidak berpengaruh pada kandungan gizinya.
4. Jus menghilangkan racun tubuh
Hampir semua orang meyakini bahwa jus dapat membantu tubuh kita membersihkan diri dari racun. Faktanya, tubuh kita dilengkapi oleh sistem organ yang bertugas membersihkan racun dari tubuh. Jus tidak bisa melakukan hal tersebut. Jus tidak akan membantu kita mengatasi masalah racun dalam tubuh.
5. Sayuran putih tidak mengandung nutrisi
Pandangan ini bisa saja berasal dari banyaknya ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi sayuran berwarna. Tetapi, ini bukan berarti bahwa sayuran dengan warna putih tidak memiliki nutrisi. Sayuran yang berwarna putih seperti bunga kol, lobak dan kentang mengandung banyak nutrisi. Kentang ukuran sedang misalnya mengandung 129 kalori, 2,3gr serat dan mengandung vitamin C.
Sekarang kamu sudah mengetahui fakta di balik mitos tersebut, bukan? Memahami maksud di balik sebuah pernyataan adalah hal yang penting agar kita tidak salah langkah dalam menentukan diet yang kita jalankan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 fakta di balik mitos tentang nutrisi diet"

Posting Komentar