Astaga, Keluarga 9 Anak Tinggal di Kandang Ayam!

Healmagz.com - Potret kehidupan yang baru saja terekspos media pun diakui membuat siapapun teriris hatinya. Pasalnya, masih banyak keluarga yang kurang beruntung di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Seperti pasangan Asep Sutandar, 63 tahun dan Dede Sumarni, 43 tahun. Warga Kampung Selakopi Desa Babakancaringin Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, ini memiliki 9 anak  dan sudah tujuh tahun lebih tinggal di dalam kandang ayam.
Asep mengaku sudah terbiasa dengan keadaan ini. Dengan bersama kesembilan anaknya, ia mengaku sudah terbiasa dengan dinginnya angina malam yang menembus kulit. Meski mulanya anak-anaknya kerap sakit, tapi kini sudah terbiasa dan mulai kuat.
Asep dan keluarganya hidup dari kerja serabutan. Ia sering menjadi buruh tani palawija milik tetangganya dan juga dari hasil ternak ayam yang tak seberapa. Namun tetap saja hal itu tak cukup untuk menghidupi Sembilan anaknya, Cera, 21 tahun, Sutaci, 19 tahun, Neni, 12 tahun, Ikham, 13 tahun, Sani, 10 tahun, Rita, 8 tahun, Dio, 5 tahun, Gita, 4 tahun, dan Sutari, 3 tahun.
“Anak yang paling besar sudah bekerja, karena dibantu oleh kepala desa, dan empat lainnya sedang bersekolah. Sisanya masih kecil-kecil. Sehari-hari penghasilan pun tidak tentu, kadang dapat kadang tidak,” tutur Asep.
Asep mengaku selama ini hanya kepala desa setempat, perwakilan dari pemerintah yang rutin memantau keadaannya. Meski tidak sering, Asep mengaku senang. Kepala Desa Babakancaringin, Deni Setia Budi, menuturkan, pihak pemerintah akan segera menyikapi hal ini dengan akan membuatkan rumah yang layak bagi Asep sekeluarga.
Semoga saja pemerintah tidak menuturkan janji palsu.
 tempo.co

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Astaga, Keluarga 9 Anak Tinggal di Kandang Ayam!"