Seram, Kebakaran Gunung Lawu Merembet ke Solo

 

Healmagz.com - Masih ingat dengan kasus kebakaran hutan di lereng gunung Lawu yang sempat menewaskan sedikitnya tujuh orang pendaki pada pekan lalu? Sepertinya musibah itu bakal merembet. Bayangkan saja, dampak kebakaran hutan di Lawu kini bahkan makin meluas dan bisa-bisa mencapai kota Solo. Informasi terbaru menyebutkan dalam tiga hari terakhir, lahan yang terbakar di wilayah kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mencapai sekitar 47 hektar! Sungguh seram sekali membayangkannya, apalagi Perhutani menyebut kalau api telah merembet ke jalur pendakian Cemoro Kandang. Meski sudah ada 100 relawan yang mendaki Lawu untuk memadamkan api, api justru makin melebar.

"Total kawasan yang terbakar ada sekitar 47 hektar. Yang terbakar itu merupakan area hutan pinus, padang savana, semak belukar hingga ilalang kering. Meluasnya kebakaran hutan ini diperparah tiupan angin sangat kencang yang membuat kobaran api makin meluas dan sulit dipadamkan karena lokasi kebakaran di jurang yang curam," ungkap Arief Nurjati, Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Lawu Utara hari Jumat (23/10) kemarin seperti dilansir Merdeka.
Seperti ini penampakan hutan terbakar di gunung Lawu © merdeka.com
Seperti ini penampakan hutan terbakar di gunung Lawu © merdeka.com
Dengan kebakaran gunung Lawu yang makin meluas, tentu kota-kota di sekitarnya pun mendapatkan dampak buruk. Contohnya kawasan Tawangmangu hingga kota Karanganyar yang berselimut asap. Tak main-main, asap mulai tiba di kota Solo dan Sukoharjo yang ada sejauh 60 kilometer dari gunung Lawu.
"Asap sudah sampai Solo sejak Kamis (22/10) dan Jumat (23/10) siang makin tebal sehingga masyarakat baru sadar. Warga mulai merasakan mata perih dan pedih," jelas Suko Haryono, Humas Perhutani Solo.
Wah, kamu yang tinggal di sekitar gunung Lawu hingga ke Solo, yuk minimalisir api di alam terbuka. Semoga saja musibah kebakaran hutan ini benar-benar segera berakhir ya. (mdk/aia)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seram, Kebakaran Gunung Lawu Merembet ke Solo"

Posting Komentar