Perkuat Hubungan Militer, Mantan KSAL RI Terima Penghargaan Tertinggi Australia



Healmagz.com - Australia beri penghargaan ‘Office of the Order’ kepada mantan Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia (KSAL) Marsetio. Penghargaan tertinggi ini diberikan karena sang mantan KSAL dinilai berperan memperkuat hubungan militer Indonesia dengan Australia.
Penghargaan ‘Office of the Order’ yang diberikan Duta Besar Australia Paul Grigson di Jakarta (26/10) kepada mantan KSAL Indonesia merupakan bagian dari penghargaan tertinggi ‘Order of Australia’.
Dalam sambutannya, Dubes Paul Grigson mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan karena Marsetio dinilai berperan besar membangun kembali latihan gabungan antara militer kedua negara.
Dubes Paul Grigson (kiri) dan mantan KSAL Marsetio (kiri) dalam acara penganugerahan \'Order of Australia\' di Jakarta (26/10). (Foto: Kedutaan Besar Australia)
“Kutipan dari penghargaan ini menyebutkan karya Laksamana Marsetio dalam membangun kembali latihan gabungan reguler antara TNI-AL dan Royal Australian Navy, operasi-operasi ‘patroli yang terkoordinir, dan diplomasi pertahanan yang pragmatis dan terbuka pada masa-masa sulit di tahun 1999 dan 2014,” utaranya.
Ia juga mengungkapkan, penghargaan ke-6 yang diberikan kepada Indonesia tersebut diterima mantan KSAL- yang bertugas pada periode Desember 2012-Januari 2015 - ini karena ia dinilai telah berperan besar dalam memodernisir Angkatan Laut Indonesia.
Penghargaan tersebut diterima Laksamana Marsetio di kediaman Dubes Paul di Jakarta. Ditemui di tempat yang sama, sang mantan KSAL tak menyangka penghargaan itu bisa diterimanya.
"Saya tidak menyangka saya akan mendapat Order of Australia. Ini merupakan bintang tertinggi yang diberikan Australia terhadap perwira luar negeri. Alhamdulilah saya adalah perwira TNI pertama yang dapat penghargaan ini,” sebutnya.
Sebelum mantan KSAL Marsetio, mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga pernah menerima penghargaan serupa kategori ‘Companion of the Order’ pada tahun 2010, di masa pemerintahan Perdana Menteri Kevin Rudd.
Selain SBY, pemimpin dunia lainnya yang pernah menerima ‘Companion of the Order’ dari Pemerintah Australia termasuk Aung San Suu Kyi dari Burma, Bunda Teresa, Nelson Mandela, serta mantan Perdana Menteri Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra.
Penghargaan ‘Order of Australia’ sendiri pertama kali diberikan pada tahun 1975 atas persetujuan Ratu Inggris. Tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkuat Hubungan Militer, Mantan KSAL RI Terima Penghargaan Tertinggi Australia"

Posting Komentar