Konjungsi Planet: Mars Jupiter dan Venus Tampak Berdekatan di Akhir Oktober



Healmagz.com - Planet Mars, Jupiter dan Venus, minggu ini, akan tampak berdekatan di langit, menyuguhkan apa yang disebut para astronom sebagai ‘tarian planet’.
Astronom amatir, Ian Musgrave, dari Universitas Adelaide, mengatakan, ketiga planet itu akan bergerak berdekatan, membentuk apa yang disebut ‘konjungsi planet’.
"Venus, Jupiter dan Mars melakukan apa yang kita sebut ‘tarian planet’, planet-planet itu tampak sangat dekat satu sama lain, seperti yang kita lihat di langit," katanya.
Ia menerangkan, "Tentu saja, sebenarnya mereka dipisahkan oleh jutaan mil tetapi ketika planet-planet itu berdekatan satu sama lain di langit, kita sebut ini konjungsi planet."
Venus perlahan akan bergerak lebih dekat ke Mars dan mereka akan benar-benar dekat mulai sekitar 28 Oktober.
Ini berarti orbit Mars, Jupiter dan Venus masing-masing telah sampai ke titik di mana, dari Bumi, mereka terlihat erat secara selaras di langit.
"Ketika Jupiter berada di posisi lebih tinggi di langit, karena baru muncul dari balik Matahari pada akhir bulan lalu - dan sama dengan Mars - ketika mereka bergerak lebih jauh dalam orbit, mereka mengejar ketertinggalan dengan Venus, yang telah mencapai titik terjauh dari orbitnya sebelum mulai kembali ke arah Matahari,” jelas Dr Ian.
"Jadi mereka akan sangat berdekatan satu sama lainnya karena orbit planet-planet sebagian besar berada pada bidang yang sama,” sambungnya.
Ia menjelaskan, "Mereka bisa sangat, sangat dekat atau cukup dekat dan dalam kasus khusus ini, jika Anda sudah bangun sejak sekitar jam 5 di pagi hari, Anda akan mampu melihat Venus dan Jupiter menggantung di satu garis tepat di atas cakrawala. "
Dr Ian mengatakan, bintang terang Regulus dan Procyon juga dekat dengan planet-planet tersebut.
"Ini benar-benar sangat cantik," sebutnya.
Venus dan Mars akan berada di jarak terdekat pada tanggal 31 Oktober mendatang, dan bergerak lebih dekat selama beberapa hari ke depan.
"Pada saat ini, Anda bisa melihat setipis ini, segitiga sempit antara Venus, Jupiter dan Mars di puncak, kemudian Venus perlahan akan bergerak lebih dekat dan lebih dekat ke Mars dan mereka akan benar-benar dekat mulai sekitar 28 Oktober," kata Dr Ian.
Ia mengatakan, formasi itu akan mudah terlihat dengan mata telanjang.
"Dengan mata telanjang, Anda akan melihat mereka sangat dekat dan itu akan terlihat sangat indah,” ujarnya.
Dr Ian mengungkapkan, "Jika Anda bangun di pagi hari, sekitar satu jam sebelum matahari terbit, mereka bertiga mestinya cukup tinggi untuk dilihat di atas cakrawala tanpa ada objek besar yang menghalanginya. Lihatlah ke timur dan mereka bertiga kira-kira berjarak serentangan tangan di atas ufuk timur, sedikit ke utara di arah timur."

Formasi planet bisa dilihat dengan mata telanjang
Venus dan Jupiter berada di titik terdekat pada (26/10) pagi, tapi Dr Ian mengatakan, mereka akan tetap berdekatan selama beberapa hari.
"Jarak di antara mereka sedekat jari satu ke jari di sisi lain lengan. Mereka akan benar-benar dekat selama beberapa hari ke depan dan selama sisa pekan, Venus akan semakin dekat dan dekat ke Mars, jadi Venus akan meninggalkan Jupiter di belakang dan akan lebih dekat ke Mars," terangnya.
 Tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konjungsi Planet: Mars Jupiter dan Venus Tampak Berdekatan di Akhir Oktober"

Posting Komentar