Fath Ali Shah Qajar, Raja Persia Dengan '1000 istri', Kok Bisa???


Healmagz.com - Prestasinya sebagai seorang penguasa memang bercela. Raja Persia ini gagal mempertahankan wilayah Rusia dari serangan musuh. Namun Fath Ali Shah Qajar tetap dikenal sebagai salah satu raja yang paling diingat, setidaknya karena jumlah istrinya.

Menurut sejarawan Joseph M. Upton, selama hidupnya (1772-1834) Fath Ali terkenal karena tiga hal, yaitu janggutnya yang sangat panjang, pinggangnya yang seramping lebah, dan jumlah istrinya. Dalam masa pemerintahannya selama 37 tahun Fath Ali telah memperistri ratusan wanita. Legenda mengatakan kalau jumlah istri Shah Qajar lebih dari 1.000.

Namun menurut SOAS University of London, ini adalah jumlah wanita yang menempati andarun atau harem sang raja. Lebih dari 1.000 perempuan yang tinggal di sana meliputi para permaisuri, selir, pelayan, gadis penari, musisi, kerabat dan istri raja terdahulu, berikut para budak.

Dilansir LifeDaily, Fath Ali memiliki 158 istri. Semuanya tercantum dalam buku Tarikh-e Azodi yang digubah Soltan Ahmad Mirza Azod-ed-Dowleh. Dari istri resmi dan para selir itu, sang raja dikaruniai 260 anak dan 786 cucu.

Dilansir Qajar Pages, Fath Ali bukan keturunan langsung raja terdahulu. Tetapi karena Agha Mohammad Khan, pamannya gagal meneruskan garis keturunan, Fath Ali menggantikan mengambil alih tahta dan memberikan ahli waris dalam jumlah ratusan sebagai gantinya. Maklum, pada masa itu keberadaan pewaris tahta merupakan problem sensitif yang bisa jadi urusan negara. /merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fath Ali Shah Qajar, Raja Persia Dengan '1000 istri', Kok Bisa???"

Posting Komentar